10 Hal kecil yang membuat bahagia dengan seketika



Didalam hidup ini pasti akan ada banyak masalah yang akan kita temui setiap harinya. Tidak jarang masalah itu membuat kita jatuh dan terpuruk sampai tidak merasakan adanya semangat untuk beraktivitas. Tetapi, walaupun masalah datang silih berganti tidak ada salah nya kita berusaha untuk tetap bahagia. Manusia mana pun layak untuk merasakan bahagia walau dalam keadaan duka sekalipun. Bahagia juga tidak harus membuat kita untuk melakukan hal-hal besar dan mendapatkan hal-hal yang hebat. Bahagia akan jauh lebih terasa ketika kita melakukan hal kecil dengan baik dan mendapatkan hasil yang jauh dari apa yang dibayangkan. Jadi, bila anda ingin bahagia setiap saat, luangkanlah waktumu sebentar saja untuk relax atau bisa juga dengan mempraktekkan kebiasaan-kebiasaan berikut.


1. Merapikan tempat tidur

Ketika anda bangun tidur cobalah untuk membiasakan diri merapikan tempat tidur dan menepuk-nepuk bantal. Hal ini dapat membuat perasaan Anda lebih baik. Karena ini menjadi sebuah tindakan kecil nyata yang telah anda lakukan dalam mengawali hari ini.

2. Tersenyum

Biarkan senyum menghiasi wajah anda. Senyum adalah hal termudah yang bisa Anda lakukan, bukan hanya enak dinikmati bagi yang melihat tapi bisa juga berpengaruh positif bagi Anda dan membuat Anda bahagia. Tapi, jangan menampilkan senyum palsu karena senyum palsu tidak akan memberi efek kebahagiaan bagi Anda.

3. Berdoa

Sebelum memulai hari dan aktifitas biasakan diri untuk selalu berdoa. Berdoa akan lebih mendekatkan diri kita kepada sang pencipta. Kegiatan spiritual ini akan membuat kita merasa lebih bahagia.

4. Minum air putih

Penelitian dari University of Connecticut menyatakan bahwa ketika kita mengalami dehidrasi akan mempengaruhi mood, energi, dan kemampuan berpikir.  Meski Anda sibuk di kantor, selalu siapkan sebotol air yang terisi penuh di dekat Anda. Minum air putih yang rutin tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga bagus untuk kebahagian.

5. Mendengarkan musik riang

Jika ada pendapat yang mengatakan hidup akan terasa hampa jika tidak adanya musik, itu memang benar ada nya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mendengarkan lagu dengan nada-nada yang gembira saat melakukan sesuatu akan membuat perubahan mood & energi yang bagus.

6. Mengucapkan terima kasih

Satu lagi kebiasaan yang sangat ringan dilakukan, tapi ada saja orang yang tidak mau melakukannya. Ucapan terimakasih ini adalah sebuah nilai yang sangat luar biasa jika bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kebiasaan semacam ini bisa kita terapkan dimana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja. Manfaat nyata dari mengucapkan terimakasih ini adalah memberikan penghargaan untuk orang lain, ungkapan rasa syukur, membuat hati lebih bahagia, mengalahkan keangkuhan diri dan dapat menghindarkan diri dari sifat egois dan sombong.

7. Berbuat kebaikan

Melakukan kebaikan bisa membuat seseorang lebih bahagia. Ketika kita melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, kita akan merasa jauh lebih baik. Banyak orang merasa bahwa ini karena merupakan hal yang benar untuk dilakukan. Diyakini juga bahwa perasaan baik yang kita dapatkan adalah karena peningkatan kadar morfin dan heroin alami di otak, yang kita kenal sebagai opioid endogen. Mereka menyebabkan peningkatan kadar dopamin dalam otak.

8. Bersyukur

Dengan selalu bersyukur atas apa yang telah miliki sekarang adalah salah satu cara untuk selalu berterima kasih kepada Tuhan. Cara ini juga dapat membuat kita lebh bahagia dengan yang kita miliki. Manusia yang bersyukur akan merasakan tingginya perasaan positif, kepuasan hidup, semangat hidup, dan pengharapan baik di masa depan.

9. Tidur Siang

Tidur adalah saat-saat orang merasakan rileks apalagi saat tidur nyenyak. Hal ini juga terjadi dan terbukti dengan tidur siang, walau tidur siang hanya berlangsung sekitar 5-15 menit tapi bisa membawa kesegaran pada orang tersebut. Dan penelitian juga mengatakan orang yang kurang tidur bisa meningkatkan stress.

10. Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan badan kita. Namun lebih dari itu, olahraga juga dapat membuat perasaan kita menjadi bahagia. Berolahraga 20 menit bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik sekitar 12 jam. Aktivitas olahraga dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang ketika dalam suasana hati buruk. 

(Baca juga : 8 Manfaat tersenyum yang jarang diketahui) 

Demikianlah beberapa hal kecil yang dapat anda lakukan setiap hari agar menjadi lebih bahagia. Ketika semuanya telah terbiasa dan menjadi sebuah kebutuhan anda, maka hidup anda akan lebih tenang dan bahagia.




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "10 Hal kecil yang membuat bahagia dengan seketika"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top